KNPI Tebingtinggi Mengajak Pemuda Tangkal Radikalisme

0
137

NN-Tebing Tinggi, Salah satu pemicu timbulnya faham radikalisme adalah, karena ‘dangkalnya’ pemahaman agama yang diyakini. Sebab semua agama, agama apapun yang kita yakini tujuannya adalah baik untuk membuat kedamaian diantara sesama umat beragama.

Hal itu disampaikan Ketua MUI Tebingtinggi H Ahmad Dalil Haraap saat memberikan pencerahan di acara coffe morning yang diselenggarakan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tebingtinggi bersama organisasi kepemudaan (OKP) di gedung Hj Sawiyah Jalan Sutomo kota setempat, Selasa (25/7).

Acara yang diikuti oleh puluhan pemuda dari beberapa organisasi kepemudaan di kota itu juga dihadiri Kadispora Tebingtinggi  H Azhar Efendi Lubis SE, Kasat Intel Polres AKP Antoni Rajagukguk serta Ketua KNPI Kota Tebingtinggi Muhammad Hatta Hasibuan ST.

Lebih lanjut Ahmad Dalil Harahap menjelaskan, bahwa secara umum pengertian radikal adalah perasaan yang positif terhadap segala sesuatu yang bersifat ekstrim sampai ke akar-akarnya. Sikap yang radikal akan mendorong perilaku individu untuk membela secara mati-matian mengenai suatu kepercayaan, keyakinan, agama atau ideologi yang dianutnya. “Jadi orang yang memiliki pemahaman radikal tentu akan sulit mengarahkannya, karena apa yang dia pahami itulah yang dirasa benar, agar kita tidak cepat terpengaruh maka salah satu solusinya perdalamlah ilmu agama masing-masing dengan benar”, jelasnya.

Kasat Intel Polres Tebingtinggi AKP Antoni Rajagukguk mengatakan, pihak Polres Tebingtinggi sangat menyambut baik acara yang dilaksakan KNPI Kota Tebingtinggi, apalagi acara itu langsung berdiskusi membicarakan kondisi yang sedang hangat saat ini di negara kita, yakni Menangkal Faham Radikalisme.

Dalam kesempatan itu, Kasat Intel juga menyampaikan agar pemuda dalam hal ini yang masih berstatus mahasiswa, saat menyampaikan protes kepada pemerintah tidaklah harus turun ke jalan. “Jika ada protes dengan cara seperti ini, yaitu dengan cara didiskusikan tentu sangat cocok kita lakukan ketimbang harus ramai-ramai turun ke jalan. Bagitu juga hendaknya jika ada protes sebaiknyalah ada solusi yang ditawarkan, sehingga pembangunan bisa berjalan baik sesuai dengan tujuan bersama”, imbuh Antoni Rajaguguk

Kadispora H Azhar Efendi Lubis menyambut baik acara coffe morning yang digelar KNPI bersama OKP dengan mengakat thema ‘Merajut Kebersamaan Membagun Kader Pemuda Tebingtinggi’. “Harapan saya para pemuda di Kota Tebingtinggi semakin solid kedepan”, jelas Azhar Efendi.

Sementara Ketua DPD KNPI Kota Tebingtinggi, Muhammad Hatta Hasibuan ST pada kesempatan itu mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran seluruh undangan yaitu para pengurus organisasi pemuda di kota itu. Disampaikan Hatta bahwa acara pertemuan dengan seluruh pengurus organisasi kepemudaan kali ini diisi dengan forum diskusi tentang bagaimana menangkal faham radikalisme di kalangan pemuda. “Kita berarap melalui acara pertemuan para pemuda ini, faham radikalisme di Tebingtinggi tidak bisa berkembang”, katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here