Perang Kesukuan Warnai Pilkada Langkat

0
185

DLR.com – Aroma “perang” kesukuan semakin terasa dalam Pemilukada Kabupaten Langkat 2018 mendatang. Hal itu ditandai dengan munculnya sejumlah bakal calon Bupati yang mewakili kesukuannya, seperti  diantaranya Terbit Rencana PA yang digadang-gadangkan bakal pengantikan Bupati Langkat yang saat ini dijabat H. Ngogesa Sitepu yang notabennya berasal dari suku Karo.

Putra terbaik suku Karo lainya yang bakal maju bertarung dalam Pilkada Langkat adalah H. Rudi Hartono Bangun yang saat ini terdaftar sebagai anggota  DPR RI yang merupakan putra dari H. Saleh Bangun mantan Ketua DPR Sumatera Utara.

Sementara itu tidak ketinggalan Drs. Sulisianto yang saat ini masih menjabat Wakil Bupati Langkat. Konon kabarnya banyak mendapat dukungan dari suku Jawa yang merupakan komunitas terbesar persentasenya di Kabupaten Langkat.

Selain nama Sulisianto, ternyata juga muncul nama lainnya yakni, Suprianto Romo, Abd  Karim dan beberapa bakal calon lainnya, antara lain Syafril Jambak SH dan Irham ST.

Namun dari sejumlah nama bakal calon Bupati yang bermunculan, ternyata yang sangat fenomenal adalah Hj. Ir.Beby Arbiana MM putri sulung mantan Gubernur Sumatera Utara Dato’ Sri H.Syamsul Arifin SE yang juga mantan Bupati Langkat dua priode.

Kemunculan Beby Arbiana tidak saja mengejutkan banyak pihak karena telah merubah prediksi peta perpolitikan di Kabupaten Langkat  yang mana selama ini bahwa H.Syah Afandim lah yang bakal meneruskan dinasti Dato’Sri H.Syamsul Arifin yang dikenal sebagai tokoh masyarakat sahabat semua suku itu, kini kosentrasi keterwakilan suku Melayu populasi kedua terbesar itu kemungkinan bakal terpecah.

Faktanya meski Kabupaten Langkat merupakan simbol dari adat budaya Melayu, namun dalam pertumbuhan populasinya suku Jawa lebih pesat dan tersebar di beberapa Kecamatan dan diperkirakan perkembangannya mencapai 60 persen dari keseluruhan  jumlah penduduk Kabupaten Langkat. Selanjutnya disusul populasi suku Melayu dan Karo.

Berangkat dari fakta itu, sejumlah kalangan tokoh politik berasumsi bahwa dari sejumlah nama bakal calon yang bakal bertarung dalam Pilkada Kabupaten Langkat mendatang akan mewakili populasi ketiga suku terbesar yang ada di Kabupaten Langkat, karena tidak saja mewakili dari kesukuannya mereka juga merupakan pimpinan dari Partai Politik,  seperti halnya Terbit Rencana, H. Rudi Hartono, H.Syah Afandim dan Hj. Ir Beby Arbiana yang merupakan satu-satunya bakal calon Bupati yang merupakan representatif keterwakilan dari kaum permpuan. @redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here