Penyeludupan Marak Di Perairan Aceh, 2 Kapal Kargo Diamankan

0
140
Dua Kapal Bermuatan Barang Ilegal Diamankan Dari Perairan Aceh. (tp)

LR.com- Aksi penyeludupan barang ilegal akhir-akhir ini semakin marak masuk melalui jalur perairan pesisir pantai Aceh. Terbukti dalam satu malam Tim WFGR I Koarmabar berhasil mengamankan dua kapal bermuatan ratusan ton barang ilegal pada Minggu, 5 November 2017.

Kedua kapal kargo kayu yang diamankan itu masing-masing KM Bintang Timur GT 60 dengan nomor 275/QQD bermuatan Beras Ketan ditangkap diperairan muara sungai Air Masin desa Airmasin Kec. seruwai Kab. Aceh Tamiang dan Kapal KM.Usaha Nelayan GT 5 no 2013 phb S7 Bermuatan Ballpress yang ditangkap di perairan Tanjung Balai.

Terungkap aksi penyeludupan itu berawl dari tim WFQR I KOARMABAR yang mendapat Laporan Intelijen bahwa disekitar perairan Idie Rayeuk  Dan Peurlak Aceh timur akan ada kapal yang akan membawa barang ilegal dari Thailand.

Selanjutnya tim WFQR I Koarmabar membentuk 3 tim yg setiap tim beranggotakan 4 personel, setelah dibentuk tim dan dibagi daerah tugas, maka setiap tim bergerak ke daerah tugas masing masing, pada hari sabtu Sekira pukul 23.00 WIB, Tim 3 yg berada disekitar perairan Air Masin melihat siluet 3 kapal kargo kayu sedang berlayar menuju kuala sungai air masin, kemudian tim 3 berkoordinasi dengan Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Siba II-1-65.

foto tp. Kapal Bermuatan Barang Ilegal Yang Berhasil Diamankan

Dalam upaya pengejaran, petugas sempat melepaskan tembakan karena salah satu kapal melakukan manuver yg membahayakan peugas. Setelah dilakukan pemeriksaan dari kapakal KM Bintang Timur petugas mendapati kurang lebih 60 ton Beras ketan juga ditemukan 4 karung pupuk. Juga berhasil mengamankan 7 ABK yakni masing-masing,  Suhendri, 34 tahun (ABK), Slamet, 45 tahun (ABK), Edy Syahputra, 34 tahun (ABK), Abdul K, 45 tahun (ABK), Mislan, 43 tahun (ABK), Anuar, 34 tahun (ABK), Abdul Halim 21 tahun (ABK) sedangkan untuk Nahkoda Kapal  yang diketahui berinisial N melarikan diri dengan cara melompat kelaut. Selanjutnya KM Bintang Timur di Kawal KAL Pulau Siba II-1-65 menuju ke dermaga mako Lantamal I untuk diproses lebih lanjut.

Sementara itu Kapal Usaha Nelayan ditangkap oleh TIm WFQR I KOARMABAR tempat  berbeda di perairan Tanjung Balai Asahan. Dari itu petugas mendapati  50 ballpress. Untuk selanjutnya kapal yang di nahkodai Hendrik dan Jamal sebagai KKM , serta Rahmad sebagai ABK  diserahkan ke KRI Lepu- 861 untuk di bawa ke Mako Lantamal I untuk proses lebih lanjut.

“Operasi ini bagian dari patroli terbatas dengan diperkuat unsur Lantamal I dan Guskamlabar”, jelas Letkol Laut (P) Bagus Badari Amarullah ,SE salah seorang perwira dijajaran Mako Lantamal I.

Laporan : @Harry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here