Misteri Makam Panjang Kota Binjai

0
930
Misteri Makam Pajang Kota Binjai Yang Panjangya Mencapai 2,5 Meter
  • LR.com –  Misteri kebaradaan tiga makam panjang  yang berlokasi di Lingkungan 5 Kelurahan Kebun Lada Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai Sumatera Utara hingga kini masih meninggalkan kisah sejarah yang tak pasti tentang asal muasal kuburan yang panjangnya lebih kurang mencapai 5 meter.

Bahkan salah satu makam itu diatasnya telah ditumbuhi pohon besar yang tingginya lebih kurang mencapi 15 meter. Dan hingga kini belum ditemukan tanda-tanda pendukung yang dapat menguatkan perihal sejarah keberadaan ketiga makam pajang itersebut.

Tanda tersisa yang adapat dilihat hanya batu nisan yang bertuliskan huruf arab gundul dan sebagian kondisinya tampak sudah mulai memudar termakan zaman.

Lokasi makam yang berada tak jauh dari bantaran sungai Bingai yang dahulunya merupakan akses satu-satunya menghubungi Kota Binjai dengan daerah yang berbatasan lansung dengan Kota Medan, Deli Serdang, Langkat dan Aceh. Sehingga para peziarah sering mengkaitkannya dengan sejarah panjang penyebaran agama islam masuk ke Indonesia.

Benang marah sejarah itu secara kasat mata masih dapat dilihat dari keberadaan dan bentuk batu nisan yang mirip dengan makam batu nisan papan tinggi yang ada di Barus kabupaten Tapanuli Tengah.

Meski saat ini masih belum ditemukan data pendukung lainnya tentang keberadaan ketiga makam panjang yang di Kota Binjai itu, namun menurut salah seorang warga sebut saja Wanda, 24 tahun yang bermukim tak jauh dari lokasi makam, bahwa hampir setiap tahunnya menjelang bulan ramadhan tidak sedikit orang berziarah ke makam tersebut. “Bahkan banyak diantara para peziarah itu yang berasal dari luar kota dan negara tetangga seperti dari Malaysia dan Thailand”, ungkapnya.

Dikisahkan Wanda, bahwa menurut keterangan almarhum kakeknya Wagimin, yang wafat pada usia 82 tahun,  merupakan penduduk asli telah bermukim puluhan tahun didaerah itu, mengaku bahwa tidak ada satu wargapun yang dapat menjelaskan sekelumit sejarah  asal muasal keberadaan ketiga makam panjang itu.

“Mulai dari Kakek saya, sampai keorang tua saya tidak ada yang mengetaui secara pasti tentang sejarah keberadaan ketiga makan itu”, jelas Wanda.

Meski  demikian kata Wanda, bahwa telah berulang kali sejumlah orang yang mengaku dari pihak pemerintah datang dan berziarah kemakam itu dan berencana akan memugar dan menjadikannya sebagai salah satu situs sejarah penyebaran agam islam masuk ke indonesia. Namun sangat disayangkan hingga kini belum ada yang terealisasi, pada hal kondisi makam saat ini sangat membutuhkan perawatan karena sebagian besar dinding batu nisannya telah banyak yang rusak termakam zaman, harap Wanda.

Sabungnya, bahkan salah satu makan kondisinya telah tidak berbentuk dan diatasnya telah tubuh pohon besar, sehingga batu nisan dan dindingnya sebagian besar sudah pada pecah.

Dari beragam kisah yang muncul tentang keberadaan ketiga makam panjang itu, tapi yang dapat bisa kita rasakan ketika langkah kaki pertama sekali masuk ke kawasan maakam panjang itu adalah suasana yang teduh, tenang, dan nyaman, meski disekitar lokasi itu telah banyak ditumbuhi pepohonan dan tanaman liar. Namun suasana itu sedikit terusik dengan keberadaan gundukan sampah yang letaknya tak jauh dari lokasi makam yang mungkin dilakukan oleh orang – orang tak bertangung jawab.

Misteri Makam Panjang Yang diperkirakan bagian dari situs sejarah panjang masuknya Islam ke Indonesia

Laporan: @redaksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here