Diduga Pungli Dana BOK, LIRA Desak Walikota Tindak Tegas KaDinkes

0
393
Dugaan Pemotongan Dana BOK Di Dinas Kesehatan Menguap.

LR.com – LSM  Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kota Pekanbaru mendesak Walikota Pekanbaru agar sesegara mungkin bertindak tegas memanggil Kepala Dinas dan Kapus terkait dugaan praktik “Pungli” dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) yang diperuntukan sebagai dana bantuan oprasional bagi para tenaga medis yang bertugas disetiap Puskesmas.

Terungkapnya dugaan prektik pungli itu berawal dari hasil investigasi LSM LIRA Pekanbaru yang menemukan telah terjadi pemotongan dana BOK sebesar Rp. 25 ribu dari Rp. 75 ribu sesuai anggaran yang telah ditetapkan pemerintah pusat, jelas Boma Herman  Sekretaris Daerah  LSM-LIRA Pekanbaru kepada awak media, Sabtu 16 Desember 2017.

Lebih lanjut Boma Harmen mengatakan, bahwa akan terus mengawal kasus itu dan meminta kepada Walikota Pekanbaru agar sesegeera mungkin mengambil tindakan  tegas kepada jajarannya.”Bahkan pihak kita akan segera melaporkan kasus itu ke  Tim Saber Pungli Kejati dan Dewan Pimpinan Pusat  LSM-LIRA Di Jakarta, ujarnya menegaskan.

Sementara itu Wakil DPRD Kota Pekanbaru, Jhon Romi Sinaga sangat menyesalkan telah terjadi dugaan pratik pungkli di Dinas Kesehatan Pekanbaru. Dana yang semestinya bertujuan untuk peningkatan pelayanan diduga telah dilakukan pemotongan oleh Kepala Puskesmas (Kapus) setempat, berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan LSM  Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kota Pekanbaru, jelas Jhon Romi Sinaga kepada sejumlah awak media, kemarin.

“Beritanya telah mencuat dipublik dalam waktu dekat ini kami akan segera melakukan pemanggilan terhadap Kadinskes terkait informasi tersebut”, tegas Jhon Romi.

Sebagaimana telah dilaporkan, berdasarkan hasil investigasi yang dipimpin langsung Wasekda LSM-LIRA Pekanbaru, Nurhayati menemukan dugaan pemotongan dana BOK di Dinskes kota dan dibeberapa Puskesmas, dimana anggaran bantuan pusat sebesar Rp.75 ribu , namun diduga oleh Kepala Puskesmas  hanya menyerahkan danya sebesar Rp50 ribu kepada para tenaga medis.

“Persoalan ini harus diusut tuntas, dan diminta kepada Walikota Pekanbaru harus segera berditindak dengan memanggil Kadiskes dan Kapus ,terkait klarifikasi temuan tersebut”, desak Nurhayati.

Laporan : @Iswandi

Dugaan Pungli Dana BOK Di Dinkes Pekanbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here