13 Ribu Pemilih Kota Binjai Belum Terdaftar Di E-KTP

0
356
Rapat Penataan Daerah Pemilihan Dan Simulasi Perhitungaan Alokasi Kursi Pemiliu Anggota DPRD Kota Binjai Pada Tahun 2019 di Hotel Kardopa, Jumat, 22 Desember 2017.

LR.com – Sedikitnya 13.000 lebih jumlah data pemilih yang belum terekam kedalam data e-KTP dari 196.551 jumah Agregat Pemilih atau DAK2 Kota Binjai pada Pileg Tahun 2019 mendatang. Terungkapnya fakta yang mengejutkan sejumlah Partai Politik itu, pada saat berlangsungnya Rapat Penataan Daerah Pemilihan Dan Sumulasi Perhitungan Alokasi Kursi Pemilu Anggota DPRD Kota Binjai pada Pemilu Tahun 2019 di Hotel Kardopa, pada Jumat, 22 Desember 2017.

Rapat Penataan Daerah Pemilihan Dan Simulasi Perhitungaan Alokasi Kursi Pemiliu Anggota DPRD Kota Binjai Pada Tahun 2019 di Hotel Kardopa, Jumat, 22 Desember 2017.

Besarnya jumlah pemilih yang belum terekam dalam data e-KTP disampikan Kabid Data dan Kependudukan Disduk Catpil Kota Binjai, Upik Sarimanah ketika menjadi nara sumber dalam rapat tersebut.

Jelasnya, ada sejumlah alasan mengapa masih belum terekamnya 13.000 jumlah pemilih kedalam data eKTP , hal itu dikarenakan keengganan masyarakat khususnya pemilih pemula yang berusia 17 tahun untuk mendatakan dirinya ke Dukcapil.”Selain itu tidak sedikit yang telah pindah alamat”, ungkap Upik menambahkan.

Lanjutnya, selain masih belum terekamnya sejumlah data pemilih itu, bahwa telah terjadi perubahan besaran jumlah pemilih ditiap daerah pemilihan, seperti halnya untuk Dapil 3 terdiri dari Kecamaatan Binjai Timur yang sebelumnya jumlah kouta 6 kursi menjadi 7 kursi karena terdapat penambahan data jumlah pemilih di daerah tersebut.

Kemudian untuk Dapil 1 yang terdiri Kecamatan Binjai Kota dan Binjai Barat menjadi 9 kursi, dan untuK Dapil 2 terdiri dari Kecamatan Binjai Utara dikurangkan menjadi 8 kursi. Selanjutnya untuk Dapil 4 terdiri dari Kecamatan Binjai Selatan menjadi 6 kursi.

Hadir dalam acara itu dua komisioner KPU Kota Binjai yakni, Rafli Surbakti, SH dan Chaisal Andrio, S.Pd sejumlah anggota Panwaslih dari masing-masing kecamatan, serta para pimpinan Parpol.

Lapotan : @sandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here